Jumat, 29 Maret 2013

Jaringan Komputer Lanjut (Admin)

Tugas 1  
Nama Kekompok :

oEka setyawati  3113311021
oNela novalia  3113311022
oAmelia DK.  3113311027
oCholis firmansyah  3113311036
oGaleh vian T.  3113311033
oEldika R  3113311045



Memahami dan Menentukan Jalur Network

Pengujian jalur network melalui modem, wifi kampus, warnet atau wifi luar kampus. Dalam kesempatan kali ini kami memcoba memahami bagaimana trace route jaringan. Pada awalnya jaringan dimulai pada jaringan local, jaringan local misalnya wireless, modem, wifi, dll lalu tersambung ke firewall dan server. Setelah data terproses oleh server data tadi yang telah masuk dari server lalu masuk ke router dan diteruskan kenetwork melalui modem satelit atau modem radio dan modem itu kita akses untuk menuju ke browser dan server data yang kita inginkan lalu data tersebut masuk kebrowser dan ditampilakan ke output supaya dapat tampil di layar monitor kita.



Langsung saja ping ke alamat blog tujuan untuk mengetahui rata-rata kecepatan serta untuk tes IP pada komputer dan untuk mengetahui apakah computer terkoneksi  ke internet atau tidak  dan disitu kita mencoba untuk terkoneksi pada www.isoish.blogspot.com untuk mengetahui apakah berhasil terkoneksi atau tidak, apabila muncul reply from ……..  maka koneksi telah tersambung.


Kami menggunakan wifi kampus untuk mengimplementasikannya yaitu dengan mencari titik jalur  mana saja yang dilewati yang ditujukan ke alamat blog kami yaitu isoish.blogspot.com  melalui cmd lalu mengetikkan tracert isoish.blogspot.com  




Disini saya mencoba mengkoneksikan dengan www.isoish.blogspot.com menggunakan wifi kampus dan tracing reportnya akan keluar tracing route to blogspot.1.googleuserconnect.com{173.194.38.139} . ( ini adalah koneksi yang diambil dari blogspot.google dan dilakukan oleh computer dengan ip address tsb dan
       Kecepatan dari data tersebut dan ip address server dari wifi campus tersebut disitu tertulis ( 192.168.61.1)
       Kecepatan data  dan didapatkan dari koneksi citra.net.id ( 202.65.118.1) ini ip address dari server citranet
       Dari 3- 8 itu adalah proses pengambilan data dari server dan ditujukan ke output tampilan di computer kita dan hasilnya ada di baris no 9.  (sin04s01-in-f11.1e100.net) dan hasil ini ditujukan ke computer kita dengan tujuan ip address ( 173.194.38.139) serta file tersebut akan ditampilkan pada computer kita .


Jalur yang kami check melalui www.check-host.net kami gambarkan sebagai berikut :
 


Dari uji jaringan diatas maka sudah diketahui hasilnya. Namun Bagaimana implementasi untuk webhosting apabila dilihat dari beberapa aspek?
Iplementasi penggunaan blog IP
Router
Bandwitch
Security
        => Langsung saja ke TKP



  • Implementasi Penggunaan web IP  


Disini kita dapat melihat tampilan gambar di samping bahwa server dari www.bagus.herobo.com dari hosting 000webhost.com ada dibeberapa computer sesuai dengan letak server tersebut . rtt min / avg ( alamat belakang ip dari server ), sedangkan max ( kecepatan rata2 koneksi dari internet server).
  • Router
      
       
         Di dalam router ini, dapat kita ketahui bahwa koneksi dari server-server  tersebut terkoneksi atau tidak dan disitu dijelaskan bahwa statusnya adalah ( connected ) yang artinya telah terkoneksi dan terdeteksi oleh  chek host . dan dapat diketahui kecepatan routernya juga setiap masing masing router dari server tersebut .
  • Bandwitch


         Dalam hal ini kita dapat mengetahui bandwith atau kapasitas kecepatan dari sebuah jaringan network dalam server tersebut ada berapa kecepatan dan berapa kapsitas yang tersedian dari server itu sendiri. Disitu dijelakan bahwa dari ip address server mempunyai result atau laporan masing-masing,  TTL ( time to live ) kecepatan maksimal dari sebuah jaringan yang ada pada server tersebut disitu tertuliskan rata2 1m / 32 s ( 1mili per 32 second ).

  • Security

          Untuk security pada web ini disini kami menggunakan dari web server yaitu  000webhost.com dan aplikasi security telah disediakan pada webhosting tersebut.Bagus.herobo.com adalah sebuah situs web yang terdaftar pada webhosting pada 000.webhost.com, web hosting ini adalah penyedia layanan domain gratis. Hosting berbayar atau free, maka untuk securitynya juga telah tersedia  pada webhosting tersebut . pada hosting tersebut tersedia security untuk mengamankan data-data seperti database, enkripsi alamat web, dan lain-lain agar data-data yang tersimpan pada web tersebut aman dan tidak di salahgunakan oleh orang lain.


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More